PEMDES KALIBENING TARGETKAN 2018 SELESAI PROGRAM JAMBANISASI

Ditulis : Sabtu, 2018-05-05 - 19:13:13

PEMDES KALIBENING TARGETKAN 2018 SELESAI PROGRAM JAMBANISASI

Kalibening 7/5/2018, Pengalokasian Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) setiap tahunnya diharapkan dapat meningkatkan pemerataan pembangunan kesejahteraan desa melalui peningkatan pelayanan publik di desa, memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa serta memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, Pemerintah Desa Kalibening mengalokasikan kucuran dana itu untuk program bidang pemberdayaan masyarakat dan bidang pembinaan kemasyarakatan.

Kepala Desa Kalibening Hj.Suwarti mengatakan, sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat, pihaknya melaksanakan program jambanisasi. Tahun ini, kata Suwarti , pihaknya memberikan bantuan jamban sehat kepada 6 kepala keluarga (KK) yang tersebar di 5 dusun atau sisa yang belum terealisasi pada tahun 2017.

Secara teknis, kata Bu Lurah, panggilan akrabnya, aparat desa yakni kepala dusun (Kadus) dan RT mendata warga yang belum memiliki jamban sehat untuk diajukan mendapatkan program jambanisasi. Menurut Bu Lurah, program ini sudah berjalan sejak tahun 2017 lalu. Dimana tahun lalu jumlah warga yang mendapatkan sebanyak 30 KK atau 6 KK untuk satu dusun.

“Program jambanisasi ini sudah berjalan sejak tahun 2017 lalu. Tahun lalu kami berikan bantuan jamban sehat untuk 30 KK . Tahun ini kami targetkan harus selesai progam jambanisasi desa kalibening ditahun 2018,” Pungkas Bulurah pada waktu jagongan bareng Kepamongan Desa

“Untuk program ini, kami memberikan material kepada keluarga yang menerima berupa semen, kloset, paralon dan besi. Pengerjaannya diserahkan kepada warga penerima dan Kadus dalam bentuk gotong royong,” ujarnya.

Bu Lurah menambahkan, program pemberdayaan masyarakat dengan melaksanakan jambanisasi kepada warga yang belum memiliki jamban sehat sejalan dengan program Pemkab Lampung Timur dibawah pimpinan Plt Bupati Zaiful Bukhori yang mengharapkan Lampung Timur terbebas dari buang air besar sembarangan (BABs). “Program ini sejalan dengan program bapak bupati. Didesa kami terdapat sekitar 36  kepala keluarga yang belum memiliki jamban sehat dari tahun 2017 dan kini ditahun 2018 tinggal 6 Kepala Keluarga . untuk tahun Ini Kalibening Bebas dari buang air besar sembarangan (BABs)”katanya. Kades Kalibening  ini menambahkan, bentuk kegiatan lainnya dalam bidang pembinaan adalah memberikan penyuluhan kepada kelompok Posyandu desa, Kader PHBS, dan lainya.

(JW Cahya Anjar Basuki)

KALIBENING